GALLERY ESTETICH

Architechture & Interior Design

Klo pengen mendesain Rumah atau apartemen anda.

Anda mau mendesain Interior rumah or apartemen Anda? Saya seringkali mengalami kesulitan menjelaskan bahwa desain interior rumah, desain interior apartemen atau kantor, atau pun design arsitektur rumah membutuhkan waktu. Seringkali seorang calon klien bertanya, “Mbak, 1 minggu desainnya bisa selesai?”
Untuk mendesain interior seluruh rumah atau satu unit apartemen, kami membutuhkan waktu rata-rata 1 (satu) bulan. Kalau mendesain arsitektur, waktunya bisa lebih lama, 2 sampai 3 bulan. Semangat kami di studio adalah, “Mendesain dengan hati dan jangan mengulang desain”. Nah, untuk Anda yang lumayan awam dengan dunia desain interior , saya coba sharingkan tahapan-tahapan proses desain interior.
Pertama, Katakanlah Anda sudah sepakat dengan biaya dan jasa yang Anda minta. Tahap awal adalah tahap konsep atau pra desain. Keluaran dari tahap ini kemudian dituangkan dalam layout interior. Di bawah ini saya sajikan contoh layout interior sebuah rumah tinggal.

Gambar di atas memperlihatkan letak furniture di dalam ruang. Banyak hal yang harus diperhitungkan. Mulai dari ukuran ruang, fungsi ruang, akitifitas yang akan terjadi di dalam ruangan, kebiasaan keluarga, koleksi keluarga dan sebagainya. Untuk sampai pada layout ini, dibutuhkan waktu plus minus satu minggu. Ini pun mengandaikan ada dialog, intensif antara kami dengan klien. Belum lagi kalau layout ini perlu dikoreksi, karena belum memenuhi harapan klien.
Kedua, setelah layout disetujui. Dimulailah proses mendesain satu demi satu furniture. Kalau dalam satu rumah ada 10 items furniture itu, dan masing-masing dibuat 2 alternatif ,maka diperlukan 20 gambar desain. Belum lagi, bila kami harus mendesain fixed furniture seperti lantai, dinding atau plafon.
Dalam mendesain, para desainer kami tetap mempertahankan cara manual, dengan pensil warna. Selain tentu saja memanfaatkan software computer seperti, AUTOCAD, Sketcup, Photoshop, Coreldraw dan sejenisnya.
Proses mendesain adalah proses kreatif. Menyelesaikan 10 items dalam waktu 1 minggu, bukan pekerjaan sepele. Kalau Anda sekali waktu menjenguk studio kami, Anda akan tahu. Para designer, drafter sering bekerja sampai larut malam.
Katakanlah, sebagai klien, Anda membutuhkan waktu untuk mereview satu demi satu hasil kerja kami. Memilih salah satu alternatif tetapi sekaligus memberi koreksi. Plus minus dibutuhkan waktu 1 sampai 2 minggu lagi untuk memperbaiki. Gambar berikut adalah contoh desain furniture sofa di sebuah ruang tamu.

Ketiga, langkah berikut adalah membuat sketsa perspektif ruang. Untuk layanan standard, kami mengambil kebijakan tidak membuatkan perspektif 3 Dimensi dengan program 3Dmax (Lihat contohnya pada tip 33, desain interior ruang tamu, dan tip 34 desain interior ruang keluarga, dan tip 35 desain interior ruang tidur). Permintaan semacam itu, membutuhkan biaya tambahan.Maklumlah, mengambar sebuah perspektif dapat memakan waktu 3 sampai 4 hari. Karena itu standardnya, cukup sketsa saja namun sudah sangat informatif. Lihat contoh gambar sketsa perspektif sebuah kamar anak. Hendaklah diingat, bahwa perspektif ini dibuat, setelah masing-masing item, seperti lemari, tempat tidur, rak buku dan rak mainan selesai didesain dan disetujui klien.

Gambar berikut adalah contoh gambar perspektif ruang kerja/ruang belajar. Gambar ini milik salah seorang klien Annahape Studio yang menginginkan ruang kerjanya menyatu dengan ruang belajar anak. Sebuah konsep yang secara psikologis sangat rasional. Bukankan, anak pertama-tama belajar dengan meniru. Kalau sang anak melihat ayahnya belajar, ia akan terdorong untuk meniru kebiasaan belajar pula.

Keempat, setelah semua gambar selesai. Proses pembuatan di workshop pun memakan waktu yang tidak sebentar. Biasanya kami menargetkan waktu antara 45 sampai dengan 60 hari kerja. Para tukang pun membutuhkan waktu untuk mengolah gambar menjadi furniture yang rapi, detail, sesuai dengan desain. Total jendral waktu yang dibutuhkan adalah 2 sampai 3 bulan.
Kok lama? Mungkin itu pertanyaan di benak Anda. Begini, kalau Anda membeli baju di mall, hari ini juga Anda bisa mendapatkannya. Tetapi, kalau Anda memesan baju pengantin dari seorang desainer, hmm, Anda mungkin harus memesan 1 sampai 2 bulan sebeluh hari perkawinan tiba. Begitu juga dengan desain interior rumah. Seperti memesan baju pengantin, Anda harus bersabar dan mengkalkulasikan waktunya sejak awal. Minimal tiga bulan.

Sumebr : Artikel mbak Anna Hape

September 3, 2009 - Posted by | Uncategorized |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: